NEWS FLASH

JEPARA. Institut Islam Nahdlatul Ulama Jepara bekerja sama dengan Departemen Agama RI menyelenggarakan Konsolidasi Program Center Of Excellence (Kajian Fiqih dan Pola Pembelajarannya di Madrasah Aliyah) tahap kedua.
Acara dilaksanakan pada hari Selasa, 24 Nopember 2009 bertempat Rumah Makan Maribu Jepara. Dalam acara tersebut akan dihadiri oleh Rektor INISNU Jepara, DR. KH. MA. Sahal Mahfudh dan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Depag RI.
Jadwal Kegiatan selengkapnya.

>> Senin, 23 November 2009

Puji syukur dihaturkan kepada Allah SWT yang telah memberikan Ridla dan Maunah kepada Civitas Akademika INISNU Jepara sehingga mampu menyelesaikan beberapa tugas baik ke dalam maupun keluar dan bersifat kemitraan. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW yang kita agungkan asmanya, kita ikuti syariatnya dan sangat kita harapkan syafaatnya.

Penulisan buku ajar bagi
Madrasah Aliyah Kelas X ini diawali dengan diskusi kecil, refleksi dan analisis yang dilakukan secara mendalam (indepth analysis) terhadap buku pegangan yang selama ini dipergunakan. Sehingga terbitnya buku ini bukan sekedar resensi dari buku yang telah ada, namun melengkapi hal-hal yang dirasa kurang, meluruskan pembahasan yang dinilai belum aspiratif dan mengungkapkan topik-topik baru dan aktual yang disesuaikan dengan realitas amaliyah masyarakat Indonesia yang dikenal pluralistik.

Kelebihan lain dari buku yang hadir di hadapan para pembaca ini, bukan saja disajikan secara teoritis namun dilengkapi dengan Metodologi Pembelajaran Praktis serta dilengkapi dengan media pembelajaran berbasis Information Communication Technology (ICT) mengenai praktik Fiqih nyata agar mudah diamalkan oleh para siswa dan guru pengampu materi Fikih sekalipun. Dengan demikian diharapkan pula buku ini diharapkan mampu memicu semangat para siswa untuk menerapkan hukum Islam secara konsisten dan kaffah.


Buku materi Fiqih
untuk Madrasah Aliyah kelas X Semester I dan II ini terdiri dari 306 halaman yang terbagi dalam 10 unit materi (5 unit untuk semester I dan 5 unit untuk semester II). Adapun materi-materi yang diajarkan dalam semester I adalah : Syariah; Zakat Dan Hikmahnya; Haji dan Umroh; Kurban dan Akikah; dan Perawatan Jenazah. Sedangkan materi-materi yang diajarkan dalam semester II meliputi : Kepemilikan; Sistem Kerjasama dalam Islam; Wakaf dan Sedekah; Wakalah dan Sulhu; dan Dhaman dan Kafalah. Materi-materi diatas dapat didownload secara gratis dengan mengklik daftar materi dibawah ini.

Silahkan download materi Fiqih untuk MA Kelas X Semester I dan II berikut ini dengan cara klik materi yang diinginkan :


1. Syari'ah dan Ibadah
2. Zakat
3. Haji dan Umroh
4. Kurban dan Akikah
5. Perawatan Jenazah
6. Kepemilikan
7. Sistem Kerjasama dalam Islam
8. Wakaf dan Sedekah
9. Wakalah dan Sulhu
10. Dhaman dan Kafalah

0 komentar:

KAJIAN FIQH

INISNU Jepara ditunjuk sebagai salah satu perguruan tinggi pusat unggulan (Centre Of Excellence) pada bidang Kajian Fiqih dan Pola Pembelajarannya oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Islam, Depag RI. Kepercayaan ini akan menjadikan INISNU Jepara sebagai perguruan tinggi rujukan bagi lembaga pendidikan khususnya dan masyarakat pada umumnya terkait dengan Fiqih dan Pola Pembelajarannya

  © Blogger templates INISNU Jepara by inisnu.blogspot.com 2009

Back to TOP